PROFIL PUSDIKKU

Sekilas PUSDIKKU

1. SEKILAS SEJARAH PUSDIKKU

Pada masa perjuangan untuk mempertahankan Proklamasi Kemerdekaan Negara Indonesia, Dinas Administrasi Angkatan Darat (Damad) mengalami masa-masa perjuangan untuk meneruskan peranan, melayani dan mendukung kebutuhan kegiatan kegiatan para pejuang. Dalam rangka meningkatkan mutu personil Angkatan Darat pada tanggal 01 Januari 1950 Mayor R.Soeryo Wirjohadiputro selaku Kepala Dinas Administrasi Angkatan Darat (Damad). Menindaklanjuti dengan membuka Sekolah Kader Administrasi Militer “A” (SKAM “A”) dan Sekolah Kader Administrasi Militer “B” (SKAM “B”). Pendidikan SKAM ini diselenggarakan di daerah kekuasaan Panglima Tentara dan Teritorium di tiap tiap daerah al: Terr I Medan, Terr III Bandung, Terr IV Semarang, Terr V Tretas Malang & Terr VII Makasar.  Pada tanggal 01 Mei 1954 SPAM dirubah menjadi Pusat Pendidikan Administrasi Militer yang menjadi cikal bakal hari kelahiran Pusdikku sesuai kesepakatan Anggota Pusdikku untuk menentukan hari jadinya Pusdikku berdasarkan hasil penelitian dan pengkajian dengan Danpusdikku menjadi pada saat itu adalah Mayor R.Moelwadi NRP 16917 sebagai Danpusdikku pertama.

 

2. KEDUDUKAN

Pusat Pendidikan Keuangan, disingkat Pusdikku adalah badan pelaksana Kodiklatad yang berkedudukan langsung dibawah Dankodiklatad.
 

3. TUGAS

Pusdikku bertugas menyelenggarakan pendidikan kecabangan keuangan dalam rangka mendukung tugas Kodiklatad. Untuk melaksanakan tugas tersebut di atas, Pusdikku mnyelenggarakan tugas-tugas sebagai berikut :

a.    Tugas (Melaksanakan Fungsi Utama)

  • Operasi pendidikan. Meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan dibidang perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan yang berkaitan dengan proses belajar mengajar.
  • Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan. Meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan dibidang perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan yang berkaitan dengan pengkajian dan pengembangan operasi pendidikan.
  • Tugas (Melakasanakan Fungsi Organik Militer)Meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan dibidang pengamanan, latihan satuan, personel, logistik, anggaran, ketatausahaan dan urusan dalam, dalam rangka mendukung tugas Pusdikku Kodiklatad. 
  • Tugas (Melakasanakan Fungsi Organik Pembinaan)Meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan dibidang latihan dalam rangka mendukung tugas Pusdikk.