PROFIL PUSDIKKU

Arti dan Makna

KETERANGAN ARTI/MAKNA  SEMPANA PUSDIKKU TNI-AD ” WIYATA KARYA BHAKTI ”BENTUK.

A. SEMPANA.

  1. Sempana  Pusat  Pendidikan  Keuangan  Angkatan  Darat berbentuk   persegi   empat   panjang,  terbuat   dari   kain beludru  berwarna  dasar  hijau  tua  dan berjumbai kuning emas sepanjang sisi/tepinya.
  2. Pada   bagian   muka  sebelah  kanan   dilukiskan  Pusara Keuangan  Angkatan Darat.
  3. Pada bagian muka sebelah kiri dilukiskan Sempana  Pusat Pendidikan  Keuangan  Angkatan  Darat  dengan  susunan sebagai berikut :

          a. Kuncup bunga melati  dengan kelopak  bunga 5 (lima ) dan daun kelopak  7 (tujuh).
          b. Bintang tentara.
          c. Kampil kalam bersilang.
          d. Lingkaran mata rantai  merupakan segi  4 (empat),tiap sisi ada   4 (empat) mata rantai.
          e. Dua sayap terkembang , tiap-tiap bulu dilingkari garis merah.
          f. Pita berbengkok 3 (tiga) dengan tulisan  ” WIYATA KARYA   BHAKTI  ”
 

B. STANDARD / TIANG.
    Standard ( tiang) terbuat dari kayu jati berbentuk bulat dan dipelitur dengan Kepala Tiang berupa     Bintang bersudut lima terbuat dari logam kuningan/perunggu.

 

1. U K U R A N .

       a. SEMPANA

           1. Panjang  ====  90  Cm
           2. L e b a r  ====  60 Cm
           3. J u m b a i  ====  7 Cm
           4. In t i  ====  60 X  50 C

       b. STANDARD (TIANG)

           1.   Kepala Tiang  ====  25 x 15 Cm.
           2.   Panjang tiang sampai batas kedudukan kepala tiang  ====  225 Cm
           3.   Garis  tengah ( 0  )  ====  4 Cm

 

2. BAHAN DAN TATA WARNA.

       a. SEMPANA.

           1.  Dasar kain beludru  -------  Hijau tua
           2.  J u m b a i  -------   Kuning emas
           3.  Kuncup bunga melati  -------  Putih
           4.  Tangkai dan daun kelopak  --------   Hijau muda
           5.  B i n t a n g  --------  Kuning emas
           6.  K a m p i l  ---------  Kuning
           7.  Kalam bersilang  --------  Coklat
           8.  Dasar kampil kalam bersilang  --------  Hijau muda
           9.  R a n t a i  ---------  Biru
          10.  B u l u  ----------  Kuning emas
          11.  Sisi/Pinggiran bulu  --------  Merah
          12.  Tulisan “ WIYATA  KARYA BHZKTI “  dari benang sulam  --------  Merah
          13.  Dasar pita dan tulisan  -------  Kuning dan merah
          14.  Sisi/pinggiran pita  --------  Merah


b. STANDARD ( TIANG )
Standard   tiang terbuat dari kayu jati dipelitur warna sawo matang   denganKepala Tiang  dibuat dari logam kuningan/perunggu disepuh Keemasan.

C. ARTI dan MAKNA.

1. SEMPANA.

a. Lukisan.

  • Kuncup bunga melati dengan kelopak bunga 5  dan daunkelopak  7.
    • Bunga melati adalah lambang dari kesederhanaan dan Lambang keluhuran budi  serta kesetiaan.
    • Kuncup berarti  tunas,remaja atau calon
    • Kelompok bunga 5  melambangkan Pancasila.
    • Daun kelompok 7 melambangkan Sapta Marga.
  • Kampil  dengan   kalam  bersilang  dan  bintang   terntara   warna kuning emas adalah Lambamg Corps Keuangan Ang-katan Darat.
  • Lingkaran Mata Rantai merupakan segi empat, tiap sisi ada  4  mempunyai  arti ” CATUR BRATA ” Corps Keuangan Angkatan  Darat yaitu SUCI -  BHAKTU – KARYA  -  UTAMAadalah  Motto  yang   tercsntum   dalam   Pusara   Keuangan Angkatan Darat.  *   Mata Rantai berarti  persatuan yang  kokoh kuat,kekal dan abadi sampai akhir jaman.
  • Dua  sayap  berkembang  warna  kuning  emas,  tiap-tiap bulu dilingkari garis merah. Dua  sayap  berkembang  warna  kuning  emas  melambangkan Tenaga  atau  kekuatan raksasa yang sanggup  membawa    cita-cita  yang suci dan luhur , menuju kepada  cita-cita persatuan , keluhuran serta  keyakinan Corps Keuangan Angkatan Darat, garis merah yang melingkar pada tiap-tiap bulu  berarti keberaniandan ketahanan di dalam melaksanakan tugas  dan kewajibannya.
  • Pita berbengkok   3  di bawah yang bertulisan ” WIYATA KARYA  BHAKTI  ”  dengan warna dasar pita kuning dan warna tulisan merah.

Tulisan  WIYATA KARYA BHAKTI  adalah motto dari Pusat Pendidikan Keuangan Angkatan Darat  yang mempunyai arti sebagai berikut  :


WIYATA   ====   Belajar,  berlatih  menuntut  ilmu.
KARYA   ====   Bekerja, bebuat, dipergunakan.
BHAKTI   ====   Berbuat sesuatu dengan disertai     keinsyafan  guna memenuhi kewajiban.

Warna dasar dalam lingkaran rantai hijau muda.
Warna Hijau  melambangkan   lapangan atau dimana  Angkatan   Darat   pada umumnyadan  Corps   Keuangan    khususnya   menunaikankewajiban untuk Nusa dan Bangsa.


D. ARTI TATA WARNA.

a.   Merah   ====   Berani, semangat.
b.   Putih   ====    S u c i.
c.   Hijau   ====   Kesejahteraan, kesuburan, tunas.
d.   B i r u   ====   Abadi, kekal.
e.   Kuning emas   ====   Kejayaan, kegembiraan, keluhuran.


Arti  Keseluruhan dari  ” SEMPANA ”.
Pusat Pendidikan  Keuangan  adalah tempat dimana dilatih, dididik, dan  digembleng  para  tunas-tunas  remaja  dari  Corps  Keuangan Angkatan  Darat, yang  diharapkan dikelak  kemudian  hari, dengan semangat    yang menyala - nyala     dengan     keberanian    dan ketabahan,  dengan   tekad   yang   bulat   dan   kokoh  kuat ,  akan  sanggup  membawa   cita-cita   Corps  Keuangan  Angkatan  Darat khususnya,     Negara   dan   Bangsa    pada    umumnya    dengan semboyan  ”  WIYATA KARYA BHAKTI  ”    yaitu   belajar,   berlatih, bekerja  dan  berbhakti kepada Negara dan Bangsa. Dan  di dalam  melaksanakan  cita-cita  tersebut  selalu  berpedoman  pada   Catur Brata    Corps   Keuangan    Angkatan   Darat,  Sapta   Marga   dan  Pancasila.


E. KEPALA STANDAR ( TIANG ).
 

  1.  Bintang   bersudut   lima   sebagai   lambang / simbul   TNI-AD, bermakna  falsafah ketimuran yang mengambarkan Prajurit  sejati.
  2. Candra Sangkala yang berbunyi    ”  SUCI -  TOTO  -   MRING  -   KARANG KUWERA – MANUNGGIL  ” mempunyai  arti  Tahun    Caka (Jawa)  1886 atau tepatan dengan tahun masehi 1954, adalah suatu tahun yang mengandung arti penting bagi Pusat Pendidikan  Keuangan Angkatan Darat ( Pusdikku).
    Dalam tahun 1954 adalah saat  berdirinya Pusat Pendidikan  Administrasi  Militer (    P.P.A.M) yang akhirnya bernama  Pusat Pendidikan Keuangan  (Pusdikku). Tahun 1954 juga merupakan tahun perencanaan  dipusatkannya seluruh  Pendidikan Keuangan yang semula diselenggarakan di seluruh Indonesia,  yaitu SEKARKU di  Medan, SEKARKU  Makasar, SEKARKU  Tretes Malang, SEKARKU Semarang dan P>P>KUM di Bandung,menjadi satu tempat di Pusat Pendidikan Keuangan (PUSDIKKU) bertempat di Komplek Karang Kuwera Jalan Sindang Sirna Nomor  6 Bandung.
    Kejadian – kejadian tersebut diatas cocok dan sesuai sekali  dengan bunyi Chandra     Sangkala  SUCI- TOTO – MRING – KARANG KUWERA – MANUNGGIL  yaitu  :

a. SUCI    berarti      bersih,     jujur    dan      mempunyai  watak 6
b. TOTO     berarti    teratur    dan     mempunyai     watak   8   MRING KARANG KUWERA berarti maring menuju Kuwera sebutan tempat     (Komplek) dimana pusdikku berada (Jalan Sindang Sirna Bandung) dan mempunyai watak 8 MANUNGGIL  berarti   menjadi  satu dan mempunyai  watak  1(satu).

Angka   (titimangsa)   ini   dibaca   dari   kanan   ke   kiri   (disini dari     bawah ke     atas)   menjadi 1886,   ini   adalah   hitungan   tahun   Caka   1886.
Jadi SUCI - TOTO - MRING KARANG KUWERA – MANUNGGIL mempunyai arti dengan jujur, tulus ikhlas serta tertip dgn teratur, menuju karang kuwera untuk tercapainya uniformitas dalam pengurusan keuangan.

Secara keseluruhan Mahkota / Kepala Standard bermakna bahwa :

a. Pada tahun Masehi 1954 terjemalah Pusat Pendidikan Administrasi Militer (P.P.A.M.) dan merupakan tahun perencanaan  dipusatkanya seluruh pendidikan keuangan Militer yang ada di Indonesia yang selanjutnya bernama Pusat Pendidikan Keuangan (Pusdikku) yang menempati komplek Karang Kuwera Bandung.
b. Bagi Keuangan Angkatan  Darat Karang Kuwera adalah merupakan tempat yang berharga, dimana dididik dan digembleng para siswa dan pelajar, yang dipersiapkan untuk menjadi petugas – petugas keuangan yang baik  yang akan mengabdi serta  berbhakti kepada Angkatan Darat khususnya  serta berbhakti kepada Angkatan Darat khususnya serta Negara dan Bangsa Indonesia pada umumnya.

Dari   perkembangan  pendidikan   keuangan  TNI  Angkatan   Darat   sejak   pendidikan keuangan diselenggarakan oleh PPAM/Pusdikku, Nampak bahwa Pusdikku sebagai unsur pelaksana yang menyelenggarakan pendidikan keuangan ditingkat Ditkuad senantiasa membenahi diri mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi secara wajar.
Kesemuanya ini guna menyiapkan tenaga personil keuangan yang memiliki ketrampilan tehnis dan taktis, kritis menghadapi kesulitan, kreatif dalam mengimbangi kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi serta kepemimpinan yang mantap untuk melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya dalam rangka ikut menyumbangkan dharma bahkti untuk pembangunan TNI Angkatan Darat khususnya dan ABRI umumnya.
Maka untuk lebih jelas dan tegas   maka   Pimpinan   tinggi TNI   AD  Kepala Staf  Angkatan Darat  menerbitkan Surat keputusan Nomor: Kep / 20 / VI / 1999 tanggal 18 Juni 1999 tentang Organisasi dan Tugas Kodiklat TNI AD, maka   Dirkuad    menyerahkan   Pusdikku   secara   organik   dan administratif berada dibawah Kodiklat TNI AD. Dengan  demikian organisasi dan Tugas  berubah .Sehingga terbitlah  Keputusan Kasad Nomor Kep/24/IV/2003 tanggal 23 April 2003 tentang  Organisasi dan Tugas Pusat Pendidikan Keuangan Kodiklat  dalam masa uji coba 1 (satu) tahun .
Dengan  Tugas Pokok    :

  • Tugas ( Melaksanakan Fungsi Utama )
  • Operasi pendidikan. Meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan dibidang  perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan yang berkaitan dengan proses belajar dan mengajar.
  • Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan. Meliputi segala usaha  pekerjaan dan kegiatan dibidang perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan yang beerkaitan dengan pengkajian dan pengembangan operassi pendidikan
  • Tugas ( Melaksanakan Fungsi  Organik Militer ). Meliputi segala   usaha pekerjaan dan kegiatan dibidang  pengamanan , latihan satuan,personel,logistik.anggaran ketatausahaan dan urusan dalam, dalam rangka mendukung tugas Pusdikku Kodiklatad.
  • Tugas ( MelaksanakanFungsi organik Militer ) Meliputi segala usaha pekerjaan dan kegiatan dibidang latihan , dalam rangka mendukung tugas Pusdikku Kodiklatad.
    Dalam masa uji coba  sudahlah tentu banyak  benturan-benturan  untuk mencapai suatu tujuan yang  mulia yaitu untuk menjadikan corps keuangan lebih mahir lagi dibidangnya dan mengembangkan ilmu keuangan kepada  anggota TNI  secara keseluruhan.