DETAIL BERITA

Peresmian prasasti SUCI TOTO MRING KARANG KUWERO

Post. By Pusdikku | 27 Juni 2015 | 08:56:59 | 598 Views

Bandung 27 Juni 2015 Pukul 07.00 WIb, bertempat di catur brata Pusdikku dilaksanakan apel sekaligus peresmian prasasti SUCI TOTO MRING KARANG KUWERO oleh Danpusdikku, peresmian ini disaksikan oleh seluruh organik Pusdikku dan seluruh siswa yang sedang pendidikan di Pusdikku makna prasati ini :

Dalam condro sangkolo yang berbunyi “SUCI TOTO MRING KARANG KUWERO MANUNGGIL” mempunyai arti tahun saka (jawa) 1886 atau bertepatan dengan tahun masehi 1954, adalah tahun yang mengandung arti penting bagi Pusat Pendidikan Keuangan Angkatan Darat (Pusdikku). Dalam tahun 1954 adalah saat berdirinya pusat pendidikan Administrasi Militer (PPAM) yang akhirnya bernama Pusat Pendidikan Keuangan (Pusdikku). Tahun 1954 juga merupakan tahun perencanaan dipusatkannya seluruh Pendidikan Keuangan yang semula diselenggarakan secara tersebar di seluruh Indonesia, yaitu SEKARKU di Medan, SEKARKU di Makasar, SEKARKU di Teretes Malang, SEKARKU di Semarang dan PPKUM di Bandung, menjadi satu tempat di Pusat Pendidikan Keuangan, yang berlokasi di komplek karang kuwera Jalan sindang sirna No 6 Bandung.

            Kejadian kejadian tersebut di atas cocok dan sesuai sekali dengan bunyi Condro Sangkolo SUCI TOTO MRING KARANG KUWERO MANUNGGIL yang berarti

1. SUCI berarti Bersih, jujur dan mempunyai watak 6 . 

2.  TOTO berarti teratur dan mempunyai watak 8.

3. MRING KARANG KUWERO berarti maring menuju kuwera sebutan tempat atau komplek dimana Pusdikku berada (Jalan sindang sirna No 6 Bandung) dan mempunyai watak 8.

4. MANUNGGIL berarti menjadi satu dan mempunyai watak 1.    

 

            Angka (Titi mongso) ini di baca dari kanan ke kiri dan dari bawah ke atas menjadi 1886, ini adalah hitungan tahun saka.

Jadi SUCI TOTO MRING KARANG KUWERO MANUNGGIL mempunyai arti  dengan jujur, tulus ikhlas serta tertib dan teratur, menuju karang kuwera untuk tercapainya uniformitas  dalam pengurusan keuangan.

           

            Sehingga pada tahun masehi 1954 terjelmalah Pusat Pendidikan Administrasi Militer (PPAM) dan merupakan tahun perencanaan di pusatkan nya seluruh pendidikan keuangan militer yang ada di Indonesia yang selanjutnya bernama Pusat Pendidikan Keuangan (Pusdikku) yang menempati komplek karang kuwera bandung.

 

            Bagi keuangan angkatan darat karang kuwera adalah merupakan tempat yang berharga, dimana didik dan di gembleng para siswa dan pelajar yang di Persiapkan  untuk meningkatkan sumber daya manusia  di bidang keuangan yang akan mengabdi serta berbakti kepada angkatan darat khususnya, Negara dan bangsa Indonesia pada umumnya.                                                               

 

 

KATEGORI

GALLERY